Fans Super Junior Meminta Evaluasi Ulang dari Pihak GDA dengan memberikan Bukti-bukti!!


Fans Super Junior di Korea mengekspresikan ketidakpuasan mereka terhadap hasil Golden Disk Awards. Sebuah postingan baru yang dibuat oleh fans membawa dugaan terhadap acara penghargaan. Pemilihan pemenang dipertanyakan fans dan mereka menunjukkan alasan kenapa menurut mereka ada evaluasi yang tidak adil.

Mereka mengatakan standar penilaian untuk pemenang. Golden Disk memilih 10 artis untuk penghargaan utama, 5 untuk Disk Awards dan 5 untuk Digital Awards. Pemilihan berdasarkan jumlah penjualan dari disk dan sumber digital. 60% kriteria merefleksikan volume penjualan, 20% dari voting internet, dan sisanya 20% dan evaluasi juri. Volume penjualan disk didasarkan atas perusahaan distribusi lokal dan pasar grosir dan eceran. Volume penjualan digital ditentukan dari jumlah download dari situs online tertentu. Oleh karena itu, secara logika artis akan menang jika memiliki penjualan tertinggi dari disk ataupun sumber digital. Adapun untuk Popularity Award, meski standarnya tidak dijelaskan secara spesifik, cukup safe kalau mengasumsikan itu merefleksikan voting populer sebagaimana telah ditentukan fans.

1. Digital Award

Kasus pertama yang fans Super Junior permasalahkan adalah lagu Yesung “It Has to be You” untuk Digital Award.

Peringkat di situs Golden Disk Awards 8 Desember 2010:

Music bank :

Peringkat mobile ringtone 30 November 2009 sampai 30 November 2010:

Peringkat nada sambung 30 November 2009 hingga 21 November 2010:

Pemenang penghargaan itu adalah Lee Seung Gi dengan lagunya “Love Taught Me To Drink”. Fans menunjukkan kalau Yesung punya banyak suara di situs Golden Disk Awards, 44.4% voting dibandingkan Lee Seung Gi yang mendapat 43.9%. Mereka juga memperlihatkan peringkat seperti di Music Bank dan mobile ringtone, memperlihatkan kalau Yesung menang lebih tinggi dari Lee Seung Gi. Oleh karena itu, Yesung harusnya menang Digital Award, bukannya Lee Seung Gi.

2. Ceci Popular Award

Masalah berikutnya adalah kategori pada Ceci Popular Award. Pemenangnya adalah Girls’ Generation dan SHINee. Fans menunjukkan pemenang tahun lalu, yaitu Super Junior dan SHINee, dan di mana saat itu kedua boyband ini menduduki posisi puncak pada situs GDA tahun 2009.

Peringkat tahun lalu:

Peringkat tahun ini:

Namun meski Super Junior dan SHINee lagi-lagi ada di voting teratas tahun ini, Super Junior tidak terpilih sebagai pemenang. Peringkat di situs GDA memperlihatkan SHINee mendapat 36.5%, Super Junior 31.4% dan Girls’ Generation 15.4%. Terlebih lagi Super Junior telah memenangkan MSN Asia Popular Award di Golden Disk Awards. Ujung-ujungnya, voting untuk Popular Award juga menghabiskan banyak uang, jadi fans juga menyatakan mungkin ada gugatan nantinya.

3. Disk Award

Masalah ketiga sehubungan dengan Disk Award. Pemenang tahun ini adalah Girls’ Generation. Seperti yang dikatakan sebelumnya, award ini terdiri dari 60% volume penjualan, 20% voting, dan 20% penilaian juri. Dari situs Golden Disk Awards, Super Junior memiliki voting 34.5% dan Girls’ Generation memiliki 22.9% voting.

Volume penjualan, menurut Hanteo Chart, album ‘Bonamana’ versi A terjual 131,946 copy selama 1 Januari sampai 8 Desember sementara album Girls’ Generation ‘Oh!’ kira-kira terjual sekitar 8,000 copy. Album repackaged mereka juga dihitung untuk penghargaan ini, dengan album repackaged Super Junior terjual sekitar 45,412 copy dan album repackaged Girls’ Generation’s terjual 56,543. Maka, berkaitan dengan penilaian juri, juri memilih Girls’ Generation sebagai pemenang bersadarkan tiga level penilaian, menyatakan kalau mereka menjadi icon K-pop dan usaha mereka meningkatkan status negara lewat kesuksesan mereka di Jepang. Fans Super Junior berargumentasi kalau popularitas dan pengaruh Super Junior di luar negeri melampaui Girls’ Generation di tahun 2010.

Kemudian fans mengutip dari situs Golden Disk Awards, ada pernyataan kalau Digital Award adalah penghargaan yang memperlihatkan artis mana yang paling disukai setahun ini dan mendapat pertumbuhan tinggi di pasar digital. Di situ juga dikatakan kalau mereka memilih pemenang dengan evaluasi yang fair berdasarkan data yang disediakan perusahaan yang sudah dipercaya masyarakat. Fans menyatakan, karena bukti yang telah mereka tampilkan dalam 3 hal di atas, Golden Disk Awards sebaiknya mengelavuasi ulang pemenang dengan adil dan mereka harusnya dipertimbangkan dalam voting Ceci Pupolar Award. Mereka mengatakan jika tak ada tindakan oleh Golden Disk Awards berdasarkan bukti yang mereka tunjukkan, mereka mengambil tindakan hukum terhadap acara penghargaan tersebut.

Dengan semua bukti yang sudah ditunjukkan, siapa menurut kalian yang salah? Apakah Golden Disk Awards harus mengevaluasi lagi pemilihan pemenang ataukah fans Super Junior yang berlebihan?

source: sj-marketpann.nate, koreaboo
translated by Alois ★ あずゆ@ hallyucafe
take out with full credit

via: elflovesuju

 

credit by http://yeppopo.wordpress.com/2010/12/12/news-fans-super-junior-meminta-evaluasi-ulang-dari-pihak-gda-memberikan-bukti2-sujulah-yang-layak-menang/#comment-14675

2 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s