Penyebab Nyeri saat menstruasi


Sebenarnya setiap menstruasi menyebabkan rasa nyeri, terutama pada awal mens. Akan tetapi tidak semua perempuan mengalami kadar nyeri yang sama.

Ada perempuan yang merasakan sangat sakit sampai mau pingsan dan tidak bisa masuk sekolah atau kerja, tapi ada yang dengan tidur saja sudah sembuh, malah ada yang tidak terasa sama sekali.

Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae .

Nyeri haid dibagi dua jenis, yaitu:

  • Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.
  • Nyeri haid ini adalah normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.

Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.

Ada juga yang disebut dengan endometriosis, yaitu kelainan letak lapisan dinding rahim yang menyebar keluar rahim, sehingga apabila menjelang menstruasi, pada saat lapisan dinding rahim menebal, akan dirasakan sakit yang luar biasa. Selain itu, endometriosis ini juga bisa mengganggu kesuburan.

Untuk mengetahui masalah menstruasi yang kita alami, sebaiknya konsultasi ke dokter. Tapi sebelumnya perhatikan dulu tanda tanda berikut ini:

Timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul di kemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.

Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari, jika masa haid lebih dari sembilan hari, apabila mens tidak pernah teratur sejak semula.

Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.

Jika muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda diatas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

 

silahkan cek ke websitenya😀

http://www.dechacare.com/Penyebab-Nyeri-Saat-Haid-I323.html

11 responses

  1. kalau pertama kali akiu rasa gak apa-apa. kan kamu beru pertama, jadi sakitnya masih awal. tapi kalo kamu ngerasa udah sakitny banget atau gak wajar, bilang orang tua ya. biar ke dokter🙂

  2. klo yang saya rasakan ini utk hri 1-3 sakit saat datang bulan itu menbuat saya lemas, sedikit pening dan kadang smpai pucat,sakit dibagian ulu hati membuat saya tdk tahan,dan kotoran yg keluar itu cukup banyak sring kali sya ganti pembalut sampai 5-6x/hari.
    pa itu berbahaya?
    mhon solusinya
    tks.

    • karena aku bukan dokter aku cuma bisa saranin yang aku tau🙂

      kamu selalu sakit pas ladi haid atau cuma terkadang aja?
      kalau terkadang itu dlm jangka waktu yang lama ya mungkin lg kecapean dan kamu perlu istirahat banyak. tapi kalau setiap haid kamu sakit spt itu ada baiknya cepat ke dokter. di tunda bisa aja bahaya. entah bahaya di bagian mananya.

      cuma itu yang aku bisa kasih saran dari apa yang aku pelajarin di sekolah dulu🙂

  3. Saya ibu rt umur 42 saya ikut KB pil beberapa bln ni waktu haid nyeri sampai ke ulu hati saya skt maag pa memang bawaan haid apakah ni pengaruh KB trs apa jg berbahaya… Mksh dok infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s